Minggu, 01 November 2015

5 Cara Kreatif Meningkatkan Omzet Penjualan


Assalamualaikum,


Memulai sebuah bisnis tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah promosi atau iklan. :) Mengenalkan produk kita pada konsumen sudah pasti merupakan langkah awal untuk menarik banyak konsumen.

Namun, seperti yang kita ketahui biaya iklan sekarang bukan main mahalnya. :f Untuk satu kotak di Koran atau majalah kita harus merogoh kocek ratusan ribu, padahal untuk satu kali terbit. :( Wah, berabe juga kan bisa-bisa modal kita habis hanya untuk biaya iklan.

Ada banyak cara untuk menekan mahalnya biaya iklan. Salah satu nya adalah dengan menerapkan stategi pemasaran guerilla (guerilla marketing). Guerilla di pakai sebagai pengganti iklan konvensional (pamflet, iklan di TV, brosur dll). sebuah cara unik dan menarik dengan biaya murah. Seperti apa sih guerilla marketing itu? let we see. ;)


Menambah Nilai Jual dengan Kemasan Unik




Agar kita tidak kalah bersaing dengan pebisnis kita, kita harus menambah nilai produk agar unik dan berbeda dimata pelanggan. Misalnya saja kita mempunyai bisnis cafe atau minuman. kebanyakan cup yang digunakan itu menggunakan logo dari cafe. Sebenarnya kita bisa lebih kreatif dalam hal pengemasan contohnya saja design unik pada cup yang digunakan. ;)


Kemasan juga berfungsi untuk promosi dan menarik pelanggan. :D


Buat Acara Amal yang Menarik



Agar lebih dekat dengan pelanggan, kita juga perlu mengadakan acara amal atau sedekah dengan cara yang unik. :L Biasanya acara amal hanya berupa santunan kepada yatim piatu atau datang ke perumahan warga miskin.

Contohnya seperti yang dilakukan oleh perusahaan Havas Worldwide yang membagikan produknya (cookies) kepada warga sekitar dengan menggunakan prinsip PAY WITH SMILE. berangkat dari keadaan penduduk Australia yang kurang tersenyum, mereka tergerak mengadakan project “PAY WITH A SMILE” :) :) :)

Adakan Kompetisi Unik



Anak muda jaman sekarang mempunyai passion yang beragam, mereka bahkan aktif dalam kegiatan dalam komunitasnya. Kecenderungan mereka ingin dianggap eksis dan nge-hits. :O 

Jika produk kita sasarannya adalah anak muda, maka adakalah komptisi unik dan menarik, semisal lomba foto yang memamerkan aktifitas di komunitas atau pun ide lain yang menarik minat anak muda.

Kompetisi ini sekaligus branding bahwa produk kita digemari dan nge-hits dikalangan anak muda

Jadi yang Paling Mencolok di Pameran atau Bazar



Jika kita mengikuti acara bazar, workshop, pameran dan sebagainya, kita harus siap-siap agar stan atau tempat kita menarik pengunjung sebanyak banyaknya. Tentunya dengan sesuatu yang unik dan kreatif. seperti yang dilakukan oleh KLM Economy comfort yang menarik pengunjung dengan kursi transparannya. :O

Dokumentasikan dan Upload di Sosmed dan Youtube


Kreatif dan menghibur :O

Seiring perkembangan zaman, pemirsa internet semakin meningkat, tak kalah dengan pemirsa televisi. Youtube kini juga punya pasar yang menjanjikan, bahkan medsos seperti instagram juga bisa menjadi peluang besar untuk menambah penghasilan sekaligus promosi produk dan kegiatan kita. ;)

Buat video atau postingan menarik dan inovatif. Seperti yang dilakukan oleh perusahaan penerbangan Amerika yaitu Virgin American Fly yang membuat video clip lengkap dengan tarian dan nyanyian untuk mengcover safety fly. ;)


Nah.. Itu tadi beberapa cara untuk meningkatkan omzet penjualan. ;) InsyaAllah bisa tokcer bila agan lakukan dengan segenap hati. :O Selamat mencoba. ;)


Baca Juga: 6 Cara Memasarkan Produk Lewat Internet

                   5 Jenis Jualan Ini Pasti Laku di Car Free Day :$

                   Strategi Marketing Online Efektif, Via Instagram Artis


0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com